Minggu, 02 Oktober 2016

TUGAS 2

NAMA            : ADLENI YUSLI ANGGRAENI
KELAS           : 3PA19
NPM               : 10514336
PSIKOLOGI MANAJEMEN

A.    PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Keinginan untuk berhubungan satu sama lain adalah karena pada dasarnya naluri manusia itu selalu hidup berkelompok serta bersosialisasi. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau saling tukar menukar pendapat.

B.     TEORI
Komunikasi adalah pemberian dan penerimaan informasi berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud untuk mengubah partisipasi agar hal-hal yang diberitahukan itu menjadi milik bersama. Arti lain komunikasi adalah pernyataan manusia, sebagaimana pernyataan tersebut dapat dilakukan dengan kata-kata tertulis atau lisan disamping itu dapat juga dilakukan dengan isyarat-isyarat atau simbol-simbol.
Pada dasarnya konsep dasar komunikasi meliputi;
1.      Proses Komunikasi
Proses komunikasi berjalan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. Dalam komunikasi antar personal ini akan menyebabkan terjadinya proses encoding dan decoding. Encoding ialah menjabarkan atau menggantikan ide kedalam bentuk bahasa, sedangkan decoding sebaliknya, yaitu menjabarkan dari bahasa ke bentuk ide.
2.      Elemen-Elemen Komunikasi
-          Pengirim atau pembuat pesan
-          Pesan
-          Media pesan
-          Penerima pesan
3.      Motivasi untuk Komunikasi
Individu mencoba mencari informasi dan berkomunikasi karena didorong oleh motivasi untuk :
-          Mengurangi ketidakpastian
-          Memecahkan masalah
-          Meningkatkan keyakinan
-          Kontrol  situasi
-          Timbal balik (feedback)

C.     KASUS
1.      Jelaskan perbedaan komunikasi satu arah dan dua arah beserta contohnya!
2.      Apa peran komunikasi dalam manajemen organisasi dan contohnya?
D.    ANALISIS KASUS
1.      Perbedaan komunikasi searah dengan dua arah dilihat dari responnya. Dimana komunikasi searah pengirim dan penerima pesan tidak melakukan komunikasi timbal balik sehingga penerima tidak dapat memberikan responnya terhadap pengirim. Contohnya; mendengarkan radio, si penyiar sebagai pengirim pesan dan si pendengar sebagai penerima pesan, dan disini tidak terjadi timbal balik antara penyiar dan pendengar. Sedangkan dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima terjadi komunikasi timbal balik yang mana penerima dapat memberikan responnya kepada pengirim. Contohnya; kegiatan belajar mengajar, peran guru sebagai pengirim pesan dan murid sebagai penerima pesan, dimana guru akan menjelaskan materi kemudian murid akan bertanya ataupun sebaliknya.
2.      Komunikasi dalam manajemen organisasi memiliki peran yang sangat penting. Karena organisasi sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan efektif antar individu atau kelompok yang terkait. Dan komunikasi sendiri dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesepahaman antar anggota terhadap tujuan yang ingin dicapai organisasi tersebut.

E.     REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar