NAMA :
ADLENI YUSLI ANGGRAENI
KELAS :
3PA19
NPM :
10514336
PSIKOLOGI MANAJEMEN
A. PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk
berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Keinginan untuk berhubungan
satu sama lain adalah karena pada dasarnya naluri manusia itu selalu hidup
berkelompok serta bersosialisasi. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai
hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau
saling tukar menukar pendapat.
B. TEORI
Komunikasi adalah pemberian dan penerimaan informasi
berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud untuk mengubah partisipasi agar
hal-hal yang diberitahukan itu menjadi milik bersama. Arti lain komunikasi
adalah pernyataan manusia, sebagaimana pernyataan tersebut dapat dilakukan
dengan kata-kata tertulis atau lisan disamping itu dapat juga dilakukan dengan
isyarat-isyarat atau simbol-simbol.
Pada dasarnya konsep dasar komunikasi meliputi;
1.
Proses
Komunikasi
Proses komunikasi
berjalan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok
dengan kelompok. Dalam komunikasi antar personal ini akan menyebabkan
terjadinya proses encoding dan decoding. Encoding ialah menjabarkan atau
menggantikan ide kedalam bentuk bahasa, sedangkan decoding sebaliknya, yaitu
menjabarkan dari bahasa ke bentuk ide.
2.
Elemen-Elemen
Komunikasi
-
Pengirim atau
pembuat pesan
-
Pesan
-
Media pesan
-
Penerima pesan
3.
Motivasi untuk
Komunikasi
Individu mencoba
mencari informasi dan berkomunikasi karena didorong oleh motivasi untuk :
-
Mengurangi
ketidakpastian
-
Memecahkan
masalah
-
Meningkatkan
keyakinan
-
Kontrol situasi
-
Timbal balik
(feedback)
C. KASUS
1.
Jelaskan
perbedaan komunikasi satu arah dan dua arah beserta contohnya!
2.
Apa peran
komunikasi dalam manajemen organisasi dan contohnya?
D. ANALISIS KASUS
1.
Perbedaan komunikasi
searah dengan dua arah dilihat dari responnya. Dimana komunikasi searah
pengirim dan penerima pesan tidak melakukan komunikasi timbal balik sehingga
penerima tidak dapat memberikan responnya terhadap pengirim. Contohnya;
mendengarkan radio, si penyiar sebagai pengirim pesan dan si pendengar sebagai
penerima pesan, dan disini tidak terjadi timbal balik antara penyiar dan
pendengar. Sedangkan dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima terjadi
komunikasi timbal balik yang mana penerima dapat memberikan responnya kepada
pengirim. Contohnya; kegiatan belajar mengajar, peran guru sebagai pengirim
pesan dan murid sebagai penerima pesan, dimana guru akan menjelaskan materi
kemudian murid akan bertanya ataupun sebaliknya.
2.
Komunikasi dalam
manajemen organisasi memiliki peran yang sangat penting. Karena organisasi
sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan efektif antar individu atau
kelompok yang terkait. Dan komunikasi sendiri dibutuhkan untuk mengoptimalkan
kesepahaman antar anggota terhadap tujuan yang ingin dicapai organisasi
tersebut.
E. REFERENSI
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab1-latar_belakang_dan
_peranan_komunikasi_dalam_dunia_bisnis.pdf 3 Oktober 2016 10:39 WIB
http://www.bimbingan.org/arti-komunikasi-satu-arah-dan-dua-arah-serta-contohnya-masing-masing.htm 3 Oktober
2016 09:42 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar